Swing door

Apa itu Swing Door atau Pintu Ayun?

apa itu swing door

Pemasangan automatic swing door di Indonesia sendiri sudah semakin banyak, terlebih lagi pada saat pandemi seperti sekarang. Pintu otomatis semakin digemari karena menurunkan resiko tertular covid-19 melalui interaksi membuka dan menutup pintu manual. Sebenarnya apa itu swing door? Swing door atau pintu ayun dalam bahasa Indonesia adalah pintu yang memakai sistem diayun seperti pintu-pintu konvensional pada umumnya. Hanya saja pintu ini memiliki sistem otomatis menutup dengan sendirinya tanpa harus di dorong. Pintu semacam ini pun terkadang bisa membuka sendiri tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membukanya.

Apa itu Swing Door

Seperti yang di bahas sebelumnya, Swing door atau pintu ayun adalah pintu otomatis yang menggunakan sistem buka tutup seperti pintu manual, hanya saja pintu ini dipasang sistem otomatis untuk mengurangi kontak langsung dengan gagang pintu seperti yang terjadi dengan pintu manual selama ini, berbeda dengan jenis pintu revolving door. Pemasangan pintu otomatis ini pun bisa menambah value suatu ruangan. Jika pintu seperti ini dipasang dirumah, maka rumah akan menjadi terlihat lebih mewah.

Apa itu Swing Door dan apa itu sliding door

Jika anda memperkirakan untuk merenovasi rumah, dan anda bingung untuk memilih salah satu pintu otomatis yang anda pasang, maka lebih baik anda membaca tentang swing door vs sliding door. Apa saja yang perlu dipertimbangkan?

Mudah mengoperasikan

Pintu ayun atau swing door cukup tarik tuas dan dorong, atau terkadang langsung dorong tanpa penarik tuas, menutupnya pun akan otomatis tertutup sendiri. Pintu geser atau sliding door biasanya menggunakan sensor untuk mendeteksi gerakan, sehingga pintu akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa disentuh

Awet

Swing door lebih awet jika dibandingkan dengan sliding door karena swing door bisa dibilang semi otomatis. Sehingga tidak memerlukan sensor atau komponen-komponen lain yang lebih rumit dibandingkan dengan sliding door. Sliding door membutuhkan perawatan yang lebih rutin dikarenakan komponen yang banyak di dalam pintu otomatis. Seperti sistem penggerak, roda, minyak pelumas, dan lain sebagainya. Sehingga memang lebih sering mengalami kerusakan jika anda tidak rajin merawatnya. Jika anda membutuhkan perbaikan pintu otomatis pada pintu otomatis anda, hubungi teknisi ahli dan berpengalaman dalam bidang pintu otomatis.

Kedap Suara dan Udara

Pintu ayun lebih bisa mengatasi problem kedap suara dan kedap udara dikarenakan pintu ini lebih rapat jika dibandingkan dengan pintu geser. Pintu geser memang harus menyediakan ruang udara untuk tempat pergerakan sistem motor membuka dan menutup pintu secara otomatis.

Untuk Emergency Exit

Pintu ayun memang selalu digunakan untuk pintu darurat. Hal ini dikarenakan sifatnya yang semi otomatis, sehingga tidak berbahaya dan tetap bisa dibuka meski dalam keadaan mati listrik.

Space yang digunakan

Untuk soal ini sudah jelas pintu ayun membutuhkan ruangan yang lebih lebar, dikarenakan daun pintu harus bisa membuka secara maksimal, dan pasti membutuhkan banyak ruang. Berbeda dengan pintu geser yang praktis dan tidak memakan banyak tempat.

Fungsi

Pintu geser biasanya berfungsi untuk menyekat ruangan menjadi beberapa bagian. Agar tidak mengganggu beberapa anggota keluarga yang membutuhkan privasi. Dan agar ruangan bisa berfungsi secara maksimal.

Kusen

Pintu ayun atau swing door masih memakai kusen pada pengerjaannya. Baik kusen berbahan logam maupun kayu. Tetapi pintu geser tidak membutuhkan kusen karena akan mengganggu kinerja dari sistem penggerak motor yang menggerakkan daun pintu untuk membuka dan menutup.

Anda bisa menghubungi kami ION Access Door untuk berkonsultasi mengenai permasalahan pintu otomatis anda. Karena teknisi kami berpengalaman dalam bidang pintu otomatis.