Perawatan

Cara Merawat Pintu Otomatis

Ada salah satu bagian atau part dari pintu otomatis yang disebut dengan Door Closer. Merawat pintu otomatis lebih mengutamakan pada perawatan door closer dibandingkan perawatan part lain. Hal ini dikarenakan door closer adalah sebuah alat tambahan agar pintu dapat berjalan dengan otomatis. Itulah mengapa bagian ini termasuk bagian yang paling krusial pada pintu otomatis dan harus diperhatikan perawatannya, karena jika part ini rusak maka pergantiannya membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Merawat Pintu Otomatis Menurut Jenisnya

Saat mendesain rumah, kita harus memikirkan dan memastikan dimana sekiranya kita akan meletakkannya, seluas apa ruangannya, bagaimana resiko terkena cuaca panas dan hujannya. Dengan demikian kita bisa menentukan jenis dan bahan pintu seperti apa yang akan kita pasang. Sebagai contoh bahan yang biasa digunakan adalah kaca, kayu, atau aluminium. Jenis dan sistem pintu otomatis pun berbeda, seperti didorong kemudian ditarik, ada pula digeser. Maka perawatannya pun akan berbeda meskipun sama-sama memprioritaskan pada door closer.

Ciri-Ciri Pintu Otomatis Membutuhkan Perawatan

Ada banyak komponen yang terdapat dalam door closer atau alat pendukung kinerja pintu otomatis yang memerlukan pemeliharaan berkelanjutan. Karena jika sampai rusak, anda pasti membutuhkan orang yang lebih ahli untuk memperbaiki pintu otomatis rumah anda. Biasanya kita lebih memilih untuk menghubungi teknisi perbaikan pintu otomatis karena lebih berpengalaman dan ahli dalam memperbaiki pintu otomatis. Beberapa ciri pintu otomatis membutuhkan perawatan :

Berat Saat Dibuka

Ciri-ciri yang paling mudah dikenali saat pintu otomatis rumah anda mengalami kerusakan tahap awal adalah terasa berat atau lambat saat dibuka dan ditutup. Penyebabnya mungkin adanya kerusakan pada engsel maupun door closer. Atau mungkin juga pintu otomatis terkena benturan yang sedikit keras sehingga merusak alat otomatisnya.

Macet Saat Pintu Akan Menutup

Tugas utama dari sebuah door closer sebenarnya hanya satu, yaitu menutup pintu secara otomatis. Namun terkadang fungsi ini mengalami sedikit masalah. Tidak jarang kita jumpai pada saat memasuki mall atau supermarket pintu membuka otomatis tetapi tidak kunjung menutup secara otomatis pula atau macet saat akan menutup. Hal ini terjadi mungkin karena pada saat pintu membuka, terlalu lebar saat membuka. Jadi saat akan menutup sedikit kesulitan karena power yang dimiliki kurang.

Merawat Pintu Otomatis yang Komponennya Terlepas

Pada saat pemasangan pintu otomatis oleh ahli atau teknisi pemasangan pintu otomatis, setiap part harus terpasang dengan baik dan kokoh supaya pada saat pemakaian tidak terjadi komponen yang terlepas. Namun jika anda mengalami masalah seperti ini, anda lebih baik menghubungi jasa perbaikan pintu otomatis untuk membantu menyelesaikan masalah anda.

Cara Merawat Pintu Otomatis dengan Baik

Tindakan pencegahan yang dapat anda lakukan sebelum terjadinya kerusakan pada pintu otomatis rumah anda adalah :

  • Pilih pintu otomatis dengan semua partnya yang berkualitas, tahan lama, dan kokoh.
  • Pengecekan secara berkala kurang lebih sebulan sekali. Sebagai contoh yaitu pengecekan minyak pada pegas yang terpasang di pintu otomatis anda.
  • Buka dan tutup pintu sesuai kebutuhan saja, jangan bolak balik membuka dan menutup pintu terlalu sering.
  • Hindarkanlah pintu otomatis dari benturan yang keras, karena bisa mengganggu kinerja part-part yang terdapat di dalamnya.
  • Ada saatnya terkadang anggota keluarga tergesa-gesa dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Terlebih lagi anak-anak yang sering berlarian di dalam rumah dan keluar rumah, atau pada saat kita membawa banyak barang berat dan kemudian membentur pintu otomatis.

Apakah anda mengalami kesulitan karena pintu otomatis anda mengalami gangguan? hubungi ION Access Door, teknisi yang ahli di bidang perawatan pintu otomatis.